You are here: Home > Jenis Anjing Pudel > Mengenal Berbagai Jenis Anjing Pudel

Mengenal Berbagai Jenis Anjing Pudel

Pudel merupakan jenis anjing yang sangat populer di seluruh dunia karena penampilan khasnya yang berbulu keriting. Tetapi, jenis anjing pudel ternyata masih ada ragamnya, dimana masing-masing jenis ini memiliki rupa, ukuran dan karakteristik yang berlainan. Jika Anda ingin memelihara anjing pudel atau menjadi pembiaknya, Anda harus bisa membedakan berbagai jenis anjing pudel dan karakteristiknya ini agar bisa menanganinya dengan mudah.

Anjing pudel sendiri diketahui berasal dari Jerman, namun bentuk dan ukuran standar anjing pudel yang dikembangbiakkan saat ini berasal dari Prancis. Semua jenis anjing pudel yang kita kenal saat ini memiliki satu kesamaan; mereka dulunya dibiakkan sebagai anjing perenang serta pendamping perburuan karena kecerdasaan, naluri dan staminanya.

Anjing pudel juga sangat disukai karena memiliki kepandaian beradaptasi dan tingkat kesetiaan tinggi. Ditambah lagi dengan bulunya yang keriting unik dan memiliki berbagai macam warna sehingga semakin memikat hati penggemar anjing.

Saat ini, anjing-anjing pudel dikelompokkan dalam tiga jenis utama berdasarkan ukurannya. Berikut ini adalah penjelasan beberapa jenis dan gambar anjing pudel untuk Anda ketahui.

Anjing Pudel Standar

Anjing Pudel Standar

Pudel standar

Wikipedia.org

 

Standard poodle adalah jenis anjing pudel terbesar dengan ukuran tinggi badan sekitar 30-38 sentimeter atau 15 inci, tetapi ada pula yang bisa mencapai tinggi hingga 60 sentimeter. Anjing ini merupakan jenis pudel yang paling umum dan pertama dibiakkan. Anjing ini bisa mencapai usia antara 11 hingga 12 tahun, asal dirawat dengan baik. Bahkan, ada beberapa anjing pudel standar yang bisa hidup sampai usia 14 tahun.

Anjing Pudel Miniatur

anjing pudel

Pudel miniature

Wikipedia.org

 

Miniature poodle atau dwarf, sesuai namanya, berukuran agak lebih kecil daripada anjing pudel standar. Ukurannya sekitar 28 hingga 38 sentimeter atau antara 11 hingga 15 inci. Anjing ini bisa hidup sampai usia 14 tahun, asal dirawat dengan baik.

Anjing Pudel Mainan

Toy poodle adalah anjing pudel terkecil, yang pertama kali dikembangbiakkan di Inggris pada abad ke-18. Ukurannya adalah yang paling kecil dibandingkan anjing-anjing pudel jenis lainnya, dimana ukuran tertingginya hanya sekitar 28 sentimeter atau sekitar 11 inci. Anjing pudel ini termasuk yang cukup digemari di Indonesia karena ukurannya membuat penampilannya mirip boneka. Usianya bisa mencapai 14 hingga 14,5 tahun, bahkan ada toy poodle yang mencapai rekor usia 28 tahun.

Selain pembedaan berdasarkan ukurannya, terkadang jenis anjing pudel juga dibedakan dari keturunannya, yaitu anjing pudel murni dan campuran. Biasanya, anjing pudel berdarah murni lebih digemari oleh penggemar anjing yang memang mengejar kualitas keturunan ini, misalnya bagi calon pembiak atau pemilik anjing untuk kontes. Anjing pudel dengan darah campuran biasanya disebut pudel hibrida dan memiliki bermacam jenis.

Sebagai contoh, ada jenis pudel yang disebut pekepoos, yaitu campuran anjing peking dan pudel. Ada juga cockapoo atau campuran anjing spaniel dan pudel, labradoodle atau campura anjing Labrador dan pudel, dan masih banyak lagi.

Jenis Anjing Pudel Mana yang Terbaik?

Pada akhirnya, tidak ada perbedaan berarti antara tiap jenis anjing pudel kecuali ukuran, warna bulu dan campuran keturunannya. Semua anjing pudel memiliki sifat dasar yang mirip yaitu periang, aktif, mudah beradaptasi dan setia. Jika Anda hanya ingin anjing pudel untuk dipelihara dan menjadi teman, anjing pudel berdarah campuran pun tak masalah. Akan tetapi, jika Anda ingin menjadi pembiak profesional atau ingin ikut kontes, Anda harus memastikan membeli jenis anjing pudel yang berkualitas, murni dan bersertifikat.

Incoming search terms:

  • jenis anjing pudel
  • anjing pudel
  • gambar anjing pudel
  • jenis anjing untuk kontes
  • gambar pudel
  • jenis poodle
  • jenis anjing pudle
  • mengenal jenis anjing
  • karakteristik anjing pudel
  • jenis anjing pudlle

Tags: ,

Leave a Reply